oleh

Maraknya Kasus KDRT, hilangnya fungsi Qawwamah atau Kepemimpinan seorang Suami

Oleh: Nuryamah

Aksi kejam dan biadab dilakukan seorang suami kepada istri dan membunuh anak perempuannya dengan menggunakan parang di sebuah rumah di Kelurahan Jatijajar kecamatan Tapos kota Depok Jawa Barat (liputan6.com, 11/11/2022)

Yogen polres metro depok menjelaskan sang anak meninggal dunia karena mengalami luka pada bagian kepala,leher,mata dan beberapa jari yang terputus. Luka tersebut membuat sang anak kehabisan darah dan meninggal,sedangkan untuk istri masih kritis karena mengalami luka pada muka dan badan.

Pada kasus lainnya lagi lagi seorang suami dengan tanpa belas kasihan tega memukul sang istri berkali-kali. Ironisnya penganiayaan ini dilakukan di pinggir jalan disaksikan anaknya yang masih balita dan juga warga sekitar sehingga peristiwa tersebut di rekam warga dan viral dimedsos. (Berita Sabtu, 6/11/ 2022)

Meningkatnya kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan Bukti telah hilangnya fungsi Qawwamah pada diri seorang Ayah dalam keluarganya atau sering disebut father less di mana fungsi sebagai suami atau ayah dalam keluarga telah hilang. padahal fungsi keluarga sangat dipengaruhi oleh terlaksananya atau terbengkalai fungsi ayah dalam keluarga. hilangnya fungsi ayah menjadi sebab terjadinya KDRT, tumbuhnya generasi yang rapuh,anak-anak yang tidak memiliki rasa percaya diri ,sensitif, emosional bahkan lahirnya generasi gay.ini merupakan problematika yang patut di berikan perhatian khusus dan diperlukan penanganan yang serius sehingga masalah bisa terselesaikan dengan tuntas. Ini bukan hanya persoalan individual namun persoalan sistemik oleh karena itu membutuhkan solusi sistemik.
Hanya sistem islam yang mampu memberi solusi atas persoalan ini secara mendasar dan menyeluruh.

*Faktor penyebab munculnya berbagai problem kekerasan.*

Munculnya berbagai problem kekerasan di tengah-tengah masyarakat sesungguhnya disebabkan karena penerapan sistem Sekuler Kapitalis dengan ide-ide turunannya. Salah satunya adalah berhembus nya ide kesetaraan Gender ditengah masyarakat yang telah dengan telak menggugat Qawwamah/ kepemimpinan laki laki baik diranah publik maupun keluarga. Ide Gender yang berhembus di tengah masyarakat ini telah nyata berdampak menjadikan banyak para istri hari ini berdiri gagah mengambil peran penuh dan merasa sudah mandiri tanpa kepemimpinan suami.
sementara ayah merasa spicles duluan dihadapan istri.

Penerapan Sistem Sekuler Kapitalis ditengah masyarakat berdampak melahirkan berbagai kesulitan hidup seperti subsidi dicabut,
sulitnya lapangan pekerjaan,
rakyat harus membiayai kebutuhan sendiri terkait pendidikan, kesehatan, keamanan,dan yang lainnya yang seharusnya menjadi kewajiban negara, ditambah dengan berkembangnya gaya hidup tinggi ditengah masyarakat dan buruknya kemampuan mengendalikan diri, ini menambah deretan problem yg semakin komplit. Ini merupakan masalah sistem. Masalah sistemik ini tidak bisa dihadapi individu, solusinya tentu harus mengganti sistem kapitalis sekuler dengan sistem kehidupan yang memastikan fungsi Qawwamah bapak dapat terlaksana dengan optimal dan mudah. Hal ini hanya dapat terwujud ketika islam diterapkan secara kaffah yakni dengan menerapkan sistem islam.

Islam diturunkan Allah swt untuk mengatur seluruh aspek kehidupan manusia.Alloh swt menjamin semua persoalan manusia ada solusinya dalam islam. karenanya Allah telah menurunkan Alqur’an sebagai penjelasan atas segala sesuatu.

Tentang Qawwamah ayah ini sudah diabadikan oleh Allah dalam Alqur’an surat An-nisa ayat 34 :

اَلرُّقَوَّامُونَ عَلَی النِّثَآءِ بِمَافَضُّلَ اللَُّه بَعۡضَهُمۡ عَلَی بَغضِ وَّبِمَآ اَنۡفَقُوۡا مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ فَالصَّلِحٰتُ فَنِتٰتُ حٰفِظٰتُ لَّلغَیۡبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ وَلَّتِیۡ تَخَا فُوۡنَ نُسُوۡزَهُنَّ فَعِظُوۡ هُنَّ وَاهجُرُوۡهُنَّ نُسُوۡزَهُنَّ فَعِظُوۡهُنَّ وَاهجُرُوۡهُنَّ فِی الصَضَا جِعِ وَاضرِبُوۡهُنَّ ۚ فَاِنۡ اَطَعنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُوۡا عَليۡهِنَّ سَبِيۡلَا اِنَّ الّٰلٰهَ كَانَ عَلِيَّا كَبِيۡرَا
Artinya:
Laki-laki(suami) itu pelindung bagi perempuan(istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki- laki) atas sebagian yang lain(perempuan),dan karena mereka(laki-laki)telah memberikan nafkah dari hartanya.maka perempuan-perempuan yang sholih adalah mereka yang taat(kepada Allah) dan menjaga diri ketika(suaminya) tidak ada karena Allah telah menjaga mereka.

Dalam Islam Qawwamah laki- laki telah diatur demikian sempurna. Dalam islam negara bertanggung jawab untuk memastikan kesiapan para Ayah untuk menjalankan fungsi kepemimpinannya dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya dengan cara meriayah/ mendidik para calon Ayah dengan ilmu, ekonomi,dll dipastikan siapmenjalankan fungsinya dalam keluarga dan berupaya menjaga keselamatan keluarga dari tergelincir nya mereka kepada api neraka.
Dalam islam ayah juga merupakan sosok penting yang memegang kepemimpinan umum ayah juga berkedudukan seperti polisi umum yang bertugas menjaminkan keselamatan keluarga baik di dunia maupun di akhirat,berupaya mencukup kan segala kebutuhan hidup dan pendidikan bagi istri dan anak-anaknya sehingga fungsi keluarga pun dapat berjalan sesuai dengan yang Allah tetapkan, Qawwamahpun berbuah sakinah.

Hanya Islam yang mampu memberikan solusi tuntas atas persoalan ini secara mendasar dan menyeluruh. Islam Rahmatan lil alamin bermakna mendatangkan kemaslahatan dan mencegah kemafsadatan/ kerusakan.

Wallahu a’lam

Facebook Comments

ADVERTISEMENT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.