Melawan Saat di Tangkap, Residivis Curanmor Dihadiahi Timah Panas

KRIMINAL, PENCURIAN85 Dilihat

Bungonews.net,  Bungo – Tim unit Reskrim Polsek Muko-Muko Bathin VII bersama Tim Buser Polres Bungo, berhasil menangkap satu orang pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang diduga dilakukan oleh seorang residivis sepesialis pencurian dengan kekerasan diwilayah Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo, Jambi.

Pelaku berinisial MS (30) warga Dusun Baru Pusat Jalo, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo, Jambi, terpaksa dilumpuhkan petugas dengan timah panas, karena sempat melawan petugas saat hendak dilakukan penangkapan.

“Pelaku ini terpaksa kita lumpuhkan, karena melawan petugas saat ditangkap. Kita amankan saat sedang berada dirumah keluarganya di Dusun Rantau Keloyang, Kecamatan Pelepat,” ujar Kapolsek Muko-Muko Bathin VII, AKP Moh. Hasyim Asy’ari, Jumat (29/03/24).

AKP Moh. Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa terduga pelaku ini merupakan residivis yang kerap melakukan pencurian dengan kekerasan dan pemeresan di wilayah Hukum Polsek Muko-Muko Bathin VII.

“Pelaku yang diamankan saat ini, merupakan residivis, yang kerap melancarkan aksinya di wilayah Kecamatan Muko-Muko Bathin VII,” kata Hasyim.

Diterangkannya, penangkapan pelaku berawal dari adanya laporan korban pada Senin (25/03/2024) yang lalu, saat itu korban berangkat dari kampung Sijau menuju Stock File Batu Bara untuk berjualan nasi bungkus, dengan menggunakan 1 (satu) unit sepeda motor jenis Revo.

Sesampainya korban di puncak bukit sijau, korban di berhentikan oleh pelaku dan menumpang motor korban menuju Stock File Batu Bara. Namun, sesampainya di stock file batu bara pelaku meminta diantarkan lagi ke Mushola yang jaraknya tidak begitu jauh dari stock file.

“Sesampainya dekat Mushola, pelaku lansung mencekik leher korban dari belakang dengan menggunakan tangan kanannya, dan mendorong korban sehingga korban terjatuh,” terangnya.

Ia juga menuturkan, setelah korban terjatuh, pelaku langsung mengambil sepotong kayu yang ada ditempat tersebut dan langsung memukul punggung korban sambil menginjak paha korban.

“Setelah memukul dan menginjak korban, kemudian pelaku langsung mendirikan sepeda motor serta langsung membawa sepeda motor korban menuju arah Dusun Baru Baru Pusat Jalo,” terangnya.

Ditambahkan Hasyim, atas kejadian tersebut Korban menderita kerugian Rp. 10.000.000 (sepuluh Juta Rupiah) selanjutnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Muko-Muko Bathin VII.

“Atas kejadian tersebut, sehingga korban langsung melaporkan ke Mapolsek Muko-Muko Bathin VII agar ditindaklanjuti,” tambahnya.

Saat ini, pelaku sudah diamankan di Mapolsek Muko-Muko Bathin VII, dan akan dijerat Pasal 365 KUHP ayat 1 tindak pidana pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

“Pelaku sudah kita amankan di sel tahanan mapolsek Muko-Muko Bathin VII, dan akan terancam hukuman 9 tahun penjara,” pungkasnya. (BN/ynt )

 

Komentar