Stok Ikan di Bungo Cukup hingga Juni 2020, Begini saran Kabid Perikanan

461

Bungo news.id – Bungo ,Puasa ramadhan pasca Sovid 19 tahun 2020 ini  masyarakat kabupaten Bungo tidak perlu khawatir terhadap ketersedian ikan .

Quswen Ikmal Kabid Perikanan disnakan kabupaten Bungo 

Dinas Peternakan dan perikanan kabupaten Bungo  menjamin bahwa untuk ketersediaan ikan selama Ramadhan hingga Idhul Fitri di perkirakan cukup  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat .

Quswen Ikmal Kepala bidang perikanan dinas Peternakan dan perikanan kabupaten Bungo menjelaskan perkiraan kebutuhan ikan dan stok selama periode bulan April sampai Juni 2020 .

” Diperkirakan stok ikan selama bulan April hingga bulan Juni 2020 sebanyak 3.360,7 ton  sedangkan stok kebutuhan di perkirakan sebanyak  3.100 ton ” Tutur Quswen Ikmal (23/4)

Detailnya di jelaskan Quswen Ikmal :
1 Produksi  Ikan Kabupaten Bungo  tersedia 333,1  ton , kebutuhan di perkirakan  845,2 ton   yang bersumber dari penangkapan , Budidaya kolam dan budidaya keramba jaring apung ( KJA)

2. Ikan masuk dari  luar Kabupaten Bungo perkiraan ketersediaan. Sebanyak 3.027,6 ton sedangkan kebutuhan sebanyak 2.254,8 ton yang berupan  Ikan Segar, ikan kering  dan ikan budidaya

Untuk mempertahankan ketersediaan ikan selama bulan puasa hingga Idhul Fitri ( April hingga Juni 2020 ) Quswen menghimbau kepada petani agar menjual nya ke masyarakat di lokasi setempat ,selain itu penangkapan di lubuk larangan apabila sudah memungkinkan untuk di buka supaya tidak melakukan lelang kepada pihak lain dan sepenuh nya di lakukan oleh masyarakat setempat sehingga hasil nya di konsumsi oleh warga setempat ” Tutur Quswen menyarankan sembari berharap

( bungonews/bungoterkini/ war- R.001)

Facebook Comments