oleh

Polres Bungo Amankan Pelaku Pencuri Ribuan Buku Nikah, Diduga Ketua RT dan Imam Masjid Terlibat

-BUNGO, PENCURIAN-1.074 views

Bungonews.net , BUNGO- Polres Bungo berhasil mengungkap kasus sindikat pencurian ribuan buku nikah yang terjadi di Kantor Kemenag kabupaten Bungo pada tanggal 1 November 2021 yang lalu yang diduga melibatkan ketua RT. dan imam masjid .

Selain mengamankan pelaku dan 3 orang terduga penadah polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 2650 buku nikah yang belum terjual dan uang sebesar Rp.7 juta hasil penjualan buku nikah

AKBP Guntur Saputro Kapolres Bungo mengatakan bahwa pelaku utama berinisial AS ditangkap oleh petugas pada hari Jum,at ( 12/11/21) dikecamatan Padang Barat ,kota Padang – Sumbar sedangkan penadah berinisial B,Y dan H diringkus di Pesisir Barat dan Provinsi Riau

” Pencurian buku nikah sudah sering dilakukan oleh pelaku di kantor Kemenag dan KUA yang ada di Sumatera ” Ujar Kapolres .

lebih lanjut dikatakannya ” Barang bukti hasil kejahatan berupa buku nikah sebanyak 2.650 buah dan uang sebesar Rp.7 juta juga diamankan ” imbuh nya .

Pelaku memiliki peran sebagai pelaku utama yang melakukan pencurian dan ada juga sebagai Penampung ,buku nikah dijual kepada para tukang nikah sirih

” Sindikat ini bukan dari Bungo ,Meraka berasal dari Sumater Barat yang juga melibatkan Ketua RT dan Imam.masjid , terbukti dari stempel palsu yang disiapkan oleh ketua RT” Tutur Kapolres Bungo.

Untuk Mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku utama dijerat Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian sedangkan untuk pelaku penadah mereka disangkakan dengan pasal 480 ” Pungkas Guntur ( BN.R.001)

Facebook Comments

ADVERTISEMENT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed