oleh

Disnakan Bungo Fokus Pengembangan Ternak Ruminansia Besar Untuk Mendorong Program SIKOMANDAN

Bungonews.net, BUNGO – Hari Kebangkitan Peternakan dan kesehatan hewan atau bulan Bhakti peternakan dan keswan Diperingati setiap tanggal 26 Agustus

 

Enggar Tri Wahyudi PLT.kepala Dinas Peternakan dan perikanan ( DISNAKAN ) Kabupaten Bungo dimintai tanggapan ,upaya meningkatkan populasi serta proteksi ternak  di Bungo menjelaskan kepada Bungonews ( 25/08)

” Untuk saat ini kita masih fokus pada pengembangan ternak ruminqnsia besar terutama sapi ” tutur Enggar melalui via Telpon

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa Kegiatan tersebut untuk mendorong kearah pengembangan ternak sapi seiring dengan program pemerintah pusat SIKOMANDAN ( Sapi Kerbau komoditas Andalan Negeri)

” Program ini menyasar sapi betina produktif untuk dilakukan Inseminasi Buatan ( IB), pemeriksaan Kebuntingan sampai kelahiran, semuanya itu akan di catat dalam aplikasi Isikhnas yang bisa di lihat perkembangan nya setiap saat” Tutur Ir.Enggar menjelaskan.

Dijelaskannya juga bahwa untuk memproteksi ternak ternak betina produktif yang di pelihara oleh peternak, Pemerintah pusat juga meluncurkan program AUTS ( Asuransi Usaha Ternak Sapi / Kerbau) dalam program ini ada subsidi pembayaran premi yang di tanggung oleh pemerintah, nilai premi sebesar Rp. 200.000. dari nilai sebesar itu peternak cuma di kenakan RP. 40.000. /ekor /tahun dengan nilai klaim Rp. 10.000.000. apabila ternak yang di pelihara nya mati.” Imbuh nya menjelaskan .

” Untuk pengembangan sudah, proteksi sudah sekarang kita tinggal mengawasi pemotongan betina produktif, karena kalau pemotongan betina produktif tidak kita kendalikan kegiatan kegiatan sebelumnya akan percuma karena kita berharap dari semua kegiatan ini ending nya adalah peningkatan populasi ternak yang pada akhirnya menjadikan kita swasembada ternak” Tuturnya lagi .

Soal kesehatan hewan diakuinya bahwa pihak nya
rutin melaksanakan pengobatan massal di sentra pengembangan ternak serta melaksanakan Vaksinasi ( vaksin Jembrana, vaksin SE) dan terhadap ternak betina produktif yang mengalami gangguan reproduksi ( sulit bunting, kawin berulang) juga akan kita lakukan pengobatan nya ” Tutupnya sembari mengucapkan Selamat Hari Peternak dan Kesehatan Hewan Indonesia ( BN – War)

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed