oleh

Laksda TNI Nazali Lempo, Putra Lempur Pimpin Pusat Polisi Militer TNI

-NASIONAL-21 views

Bungonews.net, JAMBI – Putra terbaik Jambi, Laksamana Muda (Laksda) TNI DR Nazali Lempo SH MH CHRMP M.Tr. Opsla dipercaya oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menjadi Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI.

Putra Jambi asal Kerinci ini menggantikan Mayjen TNI Eddy Rate Muis yang memasuki masa pensiun. Nazali dimutasi bersama 136 perwira tinggi lainnya, sesuai SK Panglima TNI nomor Kep/645/VII/2021 tanggal 19 Juli 2021.

Nama Nazali Lempo sudah tidak asing di telinga warga Kerinci, Jambi. Dia mulai meniti karier di TNI dari menjadi perwira di Angkatan Laut (AL) sejak 1990. Nazali lahir di Dusun Baru, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci, Jambi.

Jenderal bintang tiga ini merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) leting ke-36 pada tahun 1990. Sebelum dipercaya menjabat Danpuspom TNI, Nazali menjabat Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal).

Berkarir di TNI AL, Nazali mengawali jabatan penting dari Danpomal Lantamal VI/Makassar dilanjutkan menjadi Danpomal Lantamal III/Jakarta. Usai itu Nazali dipercaya menjabat Komandan POM Koarmabar pada 2015 – 2016, dan kemudian dimutasi menjadi Wadanlantamal II/Padang pada 2016 – 2017.

Karier ayah dari Letda Laut (P) Anma Moro Prayudha, S.Tr. Han ini terus menanjak. Tahun 2017 sampai 2018 dia dipercaya menjabat Wadanpuspomal 2017 – 2018, hingga naik menjabat Danpuspomal dari tahun 2018 sampai 2021.

Puncaknya, doktor hukum jebolan Universitas Hasanuddin (Unhas), Makasar, Sulawesi Selatan 2015 ini menjabat pucuk pimpinan polisi militer sebagai Komandan Pusat Polisi Militer TNI sejak 19 Juli 2021.

Kerabat dekat Nazali, Eryandaman Dahlan mengaku senang dan bangga pada karir yang dicapai sahabatnya itu. Pegawai Lapas Tangerang, Banten ini berharap Nazali bisa membawa Polisi Militer TNI menjadi lebih baik lagi. ***

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed