oleh

Pemuda-pemudi Dusun Lubuk Kayu Aro, Pertahankan Budaya Lama

-BUNGO-41 views

Bungonews.net , Bungo –  Semarak bulan suci Ramadhan, benar dimanfaatkan oleh seluruh warga Muslim di Indonesia, seperti yang dilakukan pemuda dan pemudi Dusun Lubuk Kayu Aro, Sabtu (24/04/2021).

Mereka memanfaatkan bulan Suci Ramadhan, dengan mendalami pendidikan agama Islam, dengan melakukan tadarus Al-Qur’an, di Mushola ataupun Masjid sekitar.

Ansari, Ketua pemuda Lubuk Kayu Aro mengatakan, sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Pemuda sudah membentuk kepanitiaan untuk berlangsungnya kegiatan sebelum dan sesudah Ramadan.

“Kegiatan keagamaan ini, merupakan agenda rutin tahunan untuk Pemuda Dusun,” ungkap Ansari.

Agenda tahunan semarak Ramadhan diuraikan oleh Ansari, mulai mengelar MTQ tingkat desa, Imtihan, gotong royong membersihkan pemakaman umum dan pribadi, Fasilitas agama seperti masjid, pawai obor keliling Desa, Tadarus Al-Qur’an dan ditutup dengan ziazah kubur bersama, serta Hatam Al-Qur’an.

Khusus untuk tadarus Alquran, dibagi beberapa tempat, ada kelompok di masjid, surau dan ada juga yang melaksanakan dirumah-rumah secara bergantian.

“Jadi sesudah lebaran, kelompok ini kembali melakukan Hatam Al-Qur’an, bersama,” ungkapnya.

Kegiatan rutin ini juga tidak lepas dari pantauan dan bimbingan dari para pemuka agama Dusun Lubuk Kayu Aro, serta para Pelajar yang tengah mengecam pendidikan dipondok pasentren, juga menjadi garda terdepan untuk bimbingan selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini disambut baik oleh ketua BPD disusun lubuk Kayu Aro. Akmal juga meminta, kepada pemuda apapun kondisi dan tantangan kedepan diminta budaya tersebut dipertahankan.

“Tentu kita menyambut baik dengan kegiatan seperti ini. Berharap ini dipertahan. Sebaliknya, kegiatan seperti ini merupakan benteng utama di era zaman digital yang penuh tantangan saat ini,” tutup Akmal. (BN)

Facebook Comments

ADVERTISEMENT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed