Manfaat Tumbuhan Akar Brotowali untuk Kesehatan

160

Tumbuhan Brotowali adalah tumbuhan yang tumbuh diberbagai daerah Indonesia , tumbuhan ini tumbuh merambat dengan rasa khas nya pahit

Berbagai Daerah sebutan terhadap tanaman ini berbeda , ada yang menyebutkan BROTOWALI ini AKAR KADELI

Tanaman ini di gunakan oleh nenek moyang indonesia sejak dahulu kala karena dikenal kahasiatnya untuk mengobati demam tinggi , malaria , pernapasan , paru , jantung ,diabetes bahkan untuk obat luka dan sebagai obat untuk kecantikan

Dewasa ini tanaman Brotowali atau Akar kadeli ini di konsumsi dalam bentuk jus , bubuk atau kapsul dan rebusan

Diketahui kegunaan tanaman ini telah di setujui oleh FDA ( Food and Drug Administration) AS di kutip dari sejumlah media online yang juga di lansir di NDTV

Berikut ini manfaat nya :

1. MENINGKATKAN IMUNITAS

Brotowali dianggap sebagai ramuan universal yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Brotowali adalah pembangkit tenaga antioksidan yang melawan radikal bebas, menjaga sel tetap sehat dan menyingkirkan penyakit. Brotowali membantu mengeluarkan racun, membersihkan darah, melawan bakteri penyebab penyakit dan juga memerangi penyakit hati dan infeksi saluran kemih.

2. Mengobati Demam Kronis Pakar Kesehatan Dr. Ashutosh Gautam, Baidyanath mengatakan daun brotowali membantu menyingkirkan demam yang berulang. Karena daun ini bersifat anti-piretik dan dapat mengurangi tanda dan gejala dari beberapa kondisi seperti Demam Berdarah Dengue, flu babi, dan malaria.

3. Meningkatkan Pencernaan Brotowali sangat bermanfaat dalam meningkatkan pencernaan dan mengobati masalah terkait usus. Anda bisa mengonsumsi setengah gram bubuk brotowali dengan kunyit secara teratur untuk memaksimalkan hasil, atau dengan gula jawa untuk mengobati sembelit.

4. Mengobati Diabetes Menurut Ahli Kesehatan Dr. Manoj K. Ahuja dari Rumah Sakit Fortis, brotowali bertindak sebagai agen hipoglikemik dan membantu mengobati diabetes (khususnya diabetes tipe 2). Jus brotowali membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi.

5. Mengurangi Stres dan Kecemasan Brotowali dapat digunakan sebagai ramuan adaptogenik juga. Ini membantu mengurangi stres serta kecemasan. Daun brotowali membantu membuang racun, meningkatkan memori, menenangkan, dan menjadi tonik kesehatan yang sangat baik jika dikombinasikan dengan herbal lain.

6. Mengatasi Masalah Pernapasan Dr. Ashutosh lebih lanjut menambahkan, brotowali terkenal dengan manfaat anti-inflamasi dan membantu mengurangi masalah pernapasan. Seperti sering batuk, pilek, amandel.

7. Mengobati Arthritis Daun brotowali mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-rematik yang membantu mengobati arthritis dan beberapa gejalanya. “Untuk nyeri sendi, bubuk dari batangnya bisa direbus dengan susu dan dikonsumsi,” ujar dr Ashutosh. Dapat digunakan bersama dengan jahe untuk mengobati rheumatoid arthritis.

8. Mengurangi Gejala Asma Asma menyebabkan dada sesak, sesak napas, batuk. “Mengunyah akar brotowali atau minum jus brotowali membantu pasien asma dan sering direkomendasikan oleh para ahli”, tambah Dr. Manoj K. Ahuja. 9. Meningkatkan Penglihatan Di beberapa bagian India, tanaman ini diaplikasikan pada mata karena membantu meningkatkan kejernihan penglihatan.

10. Mengurangi Tanda Penuaan Tanaman brotowali mengandung sifat anti penuaan yang membantu mengurangi flek hitam, jerawat, garis halus dan kerutan. Sehingga memberi kulit terkesan bercahaya.***

 

 

Facebook Comments